Pemkab Sangihe Bangun Asrama Mahasiswa

0
60
Seperti Inilah kemegahan Gedung Asrama Mahasiswa Yang Dibangun Pemkab Sangihe di Tondano, Kab. Minahasa

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe akhirnya mewujudkan mimpi putra-putri daerah yang sudah sekian tahun mengharapkan adanya asrama mahasiswa yang menimba ilmu di Universitas Manado (Unima) di Tondano Minahasa. Buktinya, Senin (8/4), Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana melakukan peletakan batu pertama, pertanda pembangunan asrama mahasiswa dengan kontruksi empat lantai yang berlokasi di Tonsaru Kecamatan Tondano Selatan itu dimulai.

“Pembangunan asrama ini, sebagai wujud keberpihakan pemerintah terhadap putra-putri daerah yang hendak mengikuti proses belajar di perguruan tinggi Unima. Memang sudah sekian tahun mahasiswa asal Sangihe merindukan adanya asrama yang didibangun oleh pemerintah, namun baru kali ini bisa diwujudkan,” ujar Gaghana, saat menyampaikan sambutannya pada acara tersebut.

Gaghana menyatakan, bahwa asrama dengan kontruksi empat lantai itu, akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas olah raga, seperti lapangan volley ball, lapangan futsal, rumah (pos) penjagaan serta ruangan pertemuan. Sedangkan ruang kamanya berjumlah 92 yang dapat menampung kurang lebih 368 mahasiswa.

“ Untuk model gedung asramanya, saya memang telah menyampaikan kepada Dinas PUPR, agar konstruksinya harus terlihat megah dan dilengkapi dengan fasilitas oleh raga di dalam areal asrama tersebut, yang nantinya akan bermanfaat bagi seluruh penguhuninya,” ujar Gaghana.

Bupati sangihe Jabes Gaghana juga menjelaskan, dengan dibangunya asrama mahasiswa ini, merupakan jawaban atas tanggapan miring sejumlah pihak yang terkesan menyudutkan pemerintah daerah. Namun demikian, Gaghana menyatakan bahwa tanggapan miring tersebut adalah sebuah dinamika yang bisa dipahami, tetapi ia menegaskan setelah peletakan batu pertama, proses pembangunannya akan langsung dikerjakan. Terkait dana pembangunan asrama tersebut, Bupati menegaskan bahwa anggaranya bersumber dari APBD, bukan dari pihak ketiga.

Sebagaimana penjelasan Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kepulauan Sangihe, Anselmus Kirimang, awal pembangunan Asrama Mahasiswa dimulai dari tahun anggaran 2018 dengan proses awal pengadaan tanah pembayarannya diselesaikan oleh Bagian Kesra senilai Rp 600 juta. Sedangkan untuk penganggaran fisik bangunan, kurang lebih berjumlah 3 miliar dari total anggaran keseluruhan.

“Total anggarannya kurang lebih 26 miliar, untuk konstruksi dengan Pagu 3 miliar akan digunakan pada pembiayaan pekerjaan, konsumsi, penataan lahan dan pembangunan ruang tidur asrama putra sebanyak 11 kamar pada lantai satu. Sementara jangka waktu pelaksanaan pembangunan akan dikerjakan tiga tahap atau tiga tahun tahun anggaran yang rencananya akan selesai pada tahun anggaran 2021,” ujar Kirimang.

Acara peletakan batu pertama asrama mahasiswa di Tondano itu, masing-masing. Prof DR Orbanus Naharia, Camat Tondano Selatan, Lurah Tonsaru serta para Alumni dan mahasiswa alas Sangihe yang saat ini sedang kuliah di Unima Tondano. (allen/onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here