Pemkab Sangihe Dukung Program Sertifikasi Lahan

0
51
Bupati Sangihe Jabes Gaghana usai serahkan sertifikat di Kelurahan Santiago, Kota Tahuna

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana merealisasikan instruksi Presiden Joko Widodo. Hal ini dibuktikan dengan menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis kepada kepada seluruh warga di Kelurahan Santiago Kecamatan Tahuna, Selasa (9/4).

Melalui Program yang disebut Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Pemerintah Kabupaten Sangihe bersama dengan pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tahuna, telah menerbitkan dan menyerahkan 1300 sertifikat hak tanah kepada warga di Kelurahan Santiago.

“Sebagaimana instruksi bapak Presiden bahwa setiap kepala daerah diwajibkan untuk menyelesaikan kepemilikan tanah warga betul-betul memiliki surat resmi atau bersertifikat yang difasilitasi oleh pemerintah,” ujar Gaghana.

Dia menyatakan bahwa PPTSL tersebut merupakan agenda penting yang telah menjadi agenda nasional Presiden Jokowi.

“Sebuah terobosan luar biasa yang dilakukan oleh Presiden Jokowi, karena lewat program ini, masyarakat tidak lagi kesulitan untuk melakukan pengurusan sertifikat tanah. Tidak ada lagi warga yang harus mengeluarkan uang hingga puluhan juta untuk memperoleh sertifikat tanah seperti yang terjadi sebelumnya,” tambah Gaghana.

Apalagi instruksi presiden Jokowi, bahwa dalam pengurusan sertifikat tanah warga harus dipercepat, dipermudah dan ditargetkan, termasuk di Kelurahan Santiago, dimana sesuai laporan bahwa sudah 1300 sertifikat tanah yang telah selesai dibuat, dalam artian sudah hampir mencapai seratus persen.

“Tentu ini sebuah prestasi besar yang kita kita capai. Olehnya pemerintah daerah tentunya sangat berterimakasih kepada bapak presiden yang telah memfasilitasi kepada kita yang ada di daerah perbatasan yang telah memperoleh sertifikat tanah dengan biaya yang sangat murah,” terang Gaghana.

Selain itu, sertifikat tanah tersebut, memiliki nilai besar jika digunakan menjadi jaminan berbagai kegiatan usaha, kegiatan produktif dalam mendukung pelaksanaan kegiatan masyarakat dengan hak kepemilikan yang ada. Gaghana berpesan kepada seluruh warga yang telah memiliki sertifikat tanah agar disimpan sebaik-baiknya karena pada saat tertentu bisa dijadikan dimanfaatkan untuk kepentingan kepentingan warga itu sendiri. Turut hadir dalam acara penyerahan sertifikat tersebut, Kepala BPN Tahuna, Christian Salilo, pimpinan organisasi daerah, Camat Tahuna, lurah bersama perangkat, serta masyarakat penerima sertifikat atau PPTSL. (allen/onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here