Harga Kopra Anjlok, Gaghana Ajak Masyarakat Konsumsi Minyak Goreng Kampung

0
78
Lanang Bango (minyak kelapa asli) Untuk meningkatkan ekonomi petani kelapa di Sangihe

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Anjloknya harga jual kopra di Sangihe, menyebabkan ekonomi masyarakat petani kelapa terpuruk. Para petani tak punya semangat lagi memproduksi buah kelapa untuk dijadikan kopra, karena biaya produksinya lebih besar dari harga jualnya.

Sementara upaya pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe yang terus berjuang agar harga jual salah satu komoditi unggulan masyarakat Nyiur Melambai ini, hingga kini belum membuahkan hasil. Namun demikian hal tersebut tidak membuat pemerintah daerah patah arang.

Bupati Jabes Gaghana, bahkan degan tegas menyerukan kepada segenap masyarakat negeri Tampungang Lawo, Sangihe untuk tidak lagi menggunakan minyak kelapa sawit untuk masak memasak sehari-hari.

“Solusi yang paling tepat agar harga jual kelapa di Sangihe bisa memiliki nilai ekonomisnya, maka mulai saat ini, saya mengajak kepada seluruh masyarakat agar tidak lagi menggunakan minyak kelapa sawit. Mari manfaatkan potensi kelapa kita yang sangat melimpah untuk diproduksi menjadi minyak kelapa murni dan lebih sehat,” ujar Gaghana.

Solusi lainya yang sementara dijajaki oleh pemerintah, adalah menjual kelapa biji langsung ke Surabaya lewat Tol Laut. Bupati menambahkan, meski harganya lebih mahal, namun menggunakan minyak kelapa murni untuk masak-memasak jauh lebih sehat dibanding minyak kelapa sawit yang memiliki kandungan kolestrol sangat tinggi.

Sementara itu, pada acara syukuran dua tahun kepemimpinan JEG-HH, pemerintah daerah telah melounching minyak kelapa Asli Sangihe yang diproduksi oleh beberapa kelompok masyarakat dan dari sejumlah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dengan kemasan plastik yang cukup sederhana namun sehat. (onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here