Warga Desak Bupati Gaghana Ganti Pejabat Tak Mampu Jalankan Tugas

0
220
Aktivis anti korupsi Kabupaten Sangihe, Jhony Rompas

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Adanya sejumlah pejabat yang dinilai tidak mampu menjalankan tugasnya dalam jabatan yang dipercayakan pimpinan daerah, memunculkan reaksi keras dari kalangan masyarakat di negeri Tampungang Lawo, Sangihe.

Mereka bahkan mendesak Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana untuk segera mengganti para pejabat yang tidak mampu mengimplementasikan program pemerintah daerah di bawah kepemimpinan JEG-HH.

“Kalau program pemerintah daerah akan berjalan baik dan sukses, maka Bupati harus merubah pola kepemimpinan dengan mengabaikan tenggang rasa bagi para pejabat yang tidak bisa mengimbangi kinerja pimpinannya dalam membangun daerah ini lebih cepat dan tepat, yaitu mengganti para pejabat yang tidak mampu menjalankan tugas dalam jabatannya,” ujar salah satu tokoh Masyarakat Sangihe, Jhony Rompas, kepada Indonesiablitz.com, Senin (27/5).

Bahkan menurut Rompas, masih terdapat kebiasaan sejumlah pejabat yang ingin memperoleh jabatan, namun menjelek-jelekan pejabat lain di hadapan Bupati, termasuk memberikan informasi “sorga telinga” untuk menyenangkan hati pemimpin daerah.

Meski demikian, Rompas meyakini bahwa pengalaman dua periode menjadi wakil bupati, Jabes Gaghana tahu persis perangai para pejabat, baik yang professional, kredibel maupun pejabat yang sok pintar tapi kinerjanya nol besar.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Jabes Gaghana menyatakan jika hasil evaluasi kinerja para pejabat di lingkup Pemkab Sangihe sudah berada di tangannya dan tinggal menunggu eksekusi.

“Yah, di berbagai forum resmi penekanan soal kinerja bagi para pimpinan OPD sudah berkali-kali saya sampaikan, tetapi faktanya ada banyak pejabat yang tidak memahaminya. Entah karena pejabat yang bersangkutan tidak bisa kerja atau hanya suka mendapat jabatan namun tidak bisa menjabarkan program pemerintah daerah. Sayapun memahami dan sudah banyak mendapat masukan bahkan desakan dari berbagai tokoh masyarakat untuk segera mengganti para pejabat yang tidak bisa bekerja,” ujar Gaghana.

Sementara itu, Kepala Bapelitbangda Sangihe, Harry Wolf ketika dimintai tanggapannya terkait hal tersebut, menyatakan, agar program pemerintah daerah berjalan efektif dan maksimal, maka pejabat yang tidak bisa mengikuti irama kerja Bupati harus diganti, dengan pejabat lainya yang punya kemampuan lebih. (onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here