Kejari Sangihe Meminta Pengelolaan Dana Desa Transparan

0
57
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, staf bersama Kasi Intel Kejari, Erwan Herianto

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Kejaksaan Negeri ( Kejari ) Kepulauan Sangihe meminta kepada seluruh Kapitalaung (Kepala Desa) agar pengelolaan Dana Desa (Dandes) dilakukan secara transparan.

Penegasan tersebut dikemukakan Kasi Intelejen Kejari Sangihe, Erwan Budi Herianto, mewakili Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sangihe pada acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di Efrata Inspirasional Hall Tahuna, Rabu (3/7).

“Kami mengingatkan kepada 145 Kapitalaung yang hadir saat ini agar dalam pengelolaan Dandes harus transparan dan bertanggung jawab, dengan mengacu pada UU no 6 tahun 2014 tentang Desa dan Permendes Nomor 16 tahun 2018 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2019,” ujar Herianto.

Menurut dia, awal terjadinya penyimpangan dalam pengelolaan Dana Desa karena ketidaktahuan dan ketidakpahaman aparatur desa mengenai tugas pokok dan fungsi selaku aparatur desa.

“Olehnya lewat acara Bimtek ini diharapkan aparatur desa dapat mempedomani dan memahami aturan tersebut, sehingga pengolahan dana desa benar-benar tepat sasaran serta bermanfaat guna peningkatan kesejahtraan masyarakat,” tegasnya.

Pada kesempatan itu pula, Herianto memperkenalkan program jaga desa yang diperuntukan bagi desa yang akan dikawal dan diawasi dalam pengelolaan dana desa agar tidak terjadi penyimpangan. (onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here