Tol Laut Kembali Layani Rute Surabaya-Tahuna

0
71
Kapal Tol Laut saat berlabuh di Teluk Tahuna

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Setelah terhenti sekira enam bulan tidak masuk Sangihe, Kapal Tol Laut akhirnya tiba dan berlabuh di Pelabuhana Nusantara Tahuna Kamis (04/07).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kepilauan Sangihe, Felix Gaghaube, mengatakan, masuknya kembali Tol Laut di Sangihe adalah hasil upaya Keras pemerintah daerah dalam hal ini Bupati yang terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kementrian Perindag dan pihak PT PELNI Pusat selaku operator kapal Tol Laut.

“Berkat upaya keras pemerintah daerah melalui pak Bupati yang terus melakukan koordinasi dengan pihak Kementrian Perindag dan PT PELNI Pusat Kapal Tol Laut audah kembali masuk di Pelabuhan Nusantara Tahuna dengan muatan 16 kontainer, dimana 8 kontainer berisi aspal dan delapan kontainer lainya berisi berbagai bahan pokok serta barang kebutuhan penting lainya,” ujar Gaghaube.

Dia menambahkan bahan aspal sebanyak 8 kontainer ini untuk pemenuhan kebutuhan pembangunan infrastruktur jalan di Sangihe yang turut diakomodir dalam angkutan Kapal Tol Laut dalam trip kali ini.

“Sebenarnya kapasitas jumlah kapasitas konteiner yang bisa diangkut Kapal Tol Laut sebanyak 380 konteiner, namun karena ini baru dimulai kembali maka muatanya kali ini hanya berjumlah 16 konteiner. Hal ini dikarenakan sebelumnya sudah ada kapal laut reguler yang mengangkut barang pokok, barang penting dan lainnya,” katanya lagi.

Ditanya soal muatan balik, Gaghaube mengatakan, saat ini sudah ada pengusaha dari Surabaya yang telah siap membeli kelapa biji dan stoknya sudah cukup banyak untuk muatan balik, termasuk stok ikan beku siap dikirim ke Surabaya dengan menggunakan kontainer sudah mencapai 1500 ton.

Dia berharap kembalinya kapal Tol laut masuk Tahuna akan mendongkrak perekonomian bagi para petani kelapa dan masyarakat nelayan, termasuk menunjang disparitas harga barang dan bahan pokok serta barang penting lainya. (onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here