Perbaikan Jaringan, PLN Sangihe Lakukan Pemadaman Bergilir

0
62
Petugas PT. PLN perbaiki jaringan listrik di Tabukan Tengah, Kabupaten Kepulauan Sangihe

INDONESIANLITZ.COM, Sangihe – Pihak PT PLN UP3 Tahuna menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat di wilayah Tabukan Tengah yang kerap mengalami pemadaman listrik yang terjadi beberapa hari terakhir ini.

“Atas nama pimpinan Kami, menyampaikan permohonan maaf kepada warga di Kecamatan Tabukan tengah dan sekitarnya, karena kerap mengalami pemadaman listrik yang terjadi beberapa hari terakhir ini. Terjadinya pemadaman bukan karena disengaja, tetapi karena adanya perbaikan jaringan yang sementara dikerjakan oleh petugas lapangan, kebetulan jaringannya masuk di wilayah Tabukan Tengah,” ujar Manager Bagian Jaringan PT PLN UP3 Tahuna, Marten Salmon, kepada para awak media Rabu (16/7).

Dia menambahkan, selain ada perbaikan jaringan, hingga dilakukan pemadaman listrik, juga ada kegiatan pemeliharaan, yaitu membersihkan pepohonan yang dekat dengan kabel jaringan.

“Mengenai Pemadaman di wilayah Tabteng itu, disebabkan oleh pembersihan pohon yang jaraknya sangat berdekatan dengan jaringan 20kv, sehingga dilakukan jadwal pemadaman listrik, saat petugas melakukan kegiatan pembersihan di lapangan. Jadi tidak benar kalau terjadi pemadaman karena disengaja,” ujarnya lagi.

Salmon menjelaskan, untuk pemadaman ada dua tipe, yaitu pemadaman terencana dan pemadaman tidak terencana.

“Kalau terencana pemeliharaan Jaringan konstruksi SUTM dan pemeliharaan pemangkasan pohon yg dekat jaringan 20kv, sebelum pelaksanaan kami pihak PLN memberikan pengumuman kepada masyarakat bahwa akan ada pemadaman lewat RRI untuk daerah daerah yang kena jadwal pemadaman, sedangkan untuk pemadaman tidak terencana itu cuaca extrem, misalnya angin kencang sehingga pohon yang dekat dengan jaringan itu tersentuh, pohon roboh dijaringan 20kv sehingga mengakibatkan pemadaman,” ungkap Salmon.

Saat ini juga tambah dia, ada pemadaman terencana, karena sementara pemasangan PMT dikantor Petta dan penarikan jaringan SUTM untuk feder kendar dan mainline didepan kantor PLN Petta.

“Dengan dipasangnya peralatan PMT bisa mempercepat penormalan dan bisa diketahui feder mana yang ada indikasi gangguan jaringan, sehingga pemadaman tidak dilakukan untuk semua wilayah, tapi hanya untuk area yang mengalami gangguan jaringan,”jelasnya.

Sementara itu Maneger PT PLN UP3 Tahuna, Mulke Gal Tumanken saat ditemui terpisah menyatakan jika belakangan ini ia mendengar banyak keluhan bahkan komplain dari masyarakat soal pemadaman listrik.

Menurut dia, terjadinya pemadaman listrik karena ada perbaikan dan pemeliharaan jaringan listrik bukan karena ada unsur kesengajaan dari petugas PLN.

“Kami selaku pimpinan PLN Tahuna, berharap kedepannya bila masyarakat yang memiliki pohon yang dekat dengan jaringan untuk dapat memberikan pohon mereka dipangkas, dan juga pohon kelapa untuk ditebang, tentu nantinya pihak PLN sendiri yang akan memangkas dan menebang jika sudah diijikan oleh masyarakat, dengan demikian masalah pemadaman ini tidak terus berkelanjutan karena harus membersikan jaringan agar tidak terjadi gangguan” tutup Tumanken. (Onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here