KRI Sultan Nuku Pantau Keamanan Daerah Perbatasan Sangihe

0
48
Laksamana Pertama Rahmat, Saat Memberikan Keterangan Pers kepada Wartawan di Pelabuhan Nusantara Tahuna, Sabtu (17/8).

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Jajaran Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) melaksanakan operasi keamanan laut di perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Kabupaten Kepulauan Sangihe. Operasi keamanan wilayah perbatasan tersebut dipimpin langsung, Komandan Gugus Tempur Laut Wilayah II, Laksamana Pertama (Laksma) Rahmat dengan menggunakan KRI Sultan Nuku 373 dan Pesawat Terbang Milik TNI AL di wilayah perairan Kepulauan Sangihe sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina.

Perwira tinggi AL bintang satu ini dalam keterangannya kepada para awak media di Pelabuhan Nusantara Tahuna, Sabtu (17/8), menyatakan kegiatan operasional keamanan laut seperti ini rutin dilaksanakan oleh Gugus Tempur Laut Wilayah II di Indonesia Bagian Timur dan Surabaya sebagai pangkalan Seluruh KRI yang bertugas untuk keamanan laut di Timur Indonesia.

“Operasi keamanan laut seperti ini, kamu laksanakan secara rutin di wilayah Indonesia bagian timur, dan sangat kebetulan kegiatan operasi kali ini kami laksanakan di wilayah perbatasan NKRI yaitu di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Kemarin tanggal 16 Agustus, saya bersama tim melakukan pemantauan dari udara menggunakan pesawat milik TNI AL yang saat ini sedang berada di Bandara Naha,” ujar Rahmat.

Dia menyatakan kekagumannya saat melihat keindahan pulau dan laut Sangihe dari udara. Diapun menyampaikan kebanggaannya karena bisa bersama-sama dengan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk mengikuti upacara detik-detik Proklamasi RI ke 74 di Gelora Santiago Tahuna. Dan sebuah kebanggaan yang tidak akan terlupakan, ketika ia diberi kehormatan oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, untuk menjadi Inspektur Upacara Penurunan Bendera Merah Putih.

Rahmat berpesan kepada seluruh masyarakat Sangihe untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan di daerah perbatasan Sangihe, serta membantu tugas TNI AL, dengan memberikan informasi kepada petugas terdekat bilamana mendapati atau melihat seseorang yang gerak-geriknya mencurigakan. Dalam operasi keamanan laut tersebut Laksma Rahmat turut didampingi sejumlah Perwira Menengah TNI AL, bersama Komandan Lanal Tahuna. (onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here