Kebun Cengkih Warga Kampung Bowongkali Ludes Terbakar

0
588

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terjadi di kebun cengkih milik warga di Kampung Bowongkali Kecamatan Tabukan Tengah.

Kebakaran terjadi Senin (23/9) sekitar pukul 09.00 WITA. Kapitalaung Kampung Bowobgkali, Pintje Matheos kepada media ini mengatakan peristiwa kebakaran tersebut diketahui setelah mereka melihat kobaran api disertai kepulan asap yang cukup besar dan banyak di lahan perkebunan warga yang berjarak cukup jauh dari perkampungan warga.

Kapitalaung bersama puluhan warga kemudian mendatangi areal kebun yang diketahui milik Keluarga Lombeng- Dadoahi, dan langsung melakukan pemadaman secara manual dengan memukul kobaran api agar tidak merembet lebih jauh.

“Sampai saat ini, kami belum mengetahui penyebab terjadinya kebakaran itu. Namun upaya pemadaman telah kami lakukan bersama warga meski dengan cara manual memukul kobaran api agar tidak meluas menggunakan kayu serta air seadaya yang dibawa warga dari kampung,” ujar Matheos.

Dia mengatakan lahan kebun yang terbakar diperkirakan seluas satu hektar, setengahnya adalah tanaman cengkih yang masih remaja.

Kerugian akibat kebakaran tersebut, Kapitalaung mengatakan jika pihaknya belum dapat menghitung, namun jumlah pohon cengkih yang hangus terbakar mencapai lima puluh pohon lebih. Hingga petang kemarin, warga masih melakukan pemadaman untuk memastikan tidak ada lagi nyala api sedikitpun. (onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here