Ini Yang Dilakukan Gaghana Cegah Penyebaran Covid 19 Hingga Gerakkan Kelompok Tani

0
553
Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Gaghana Saat Mengecek kesiapan Rumah Sakit Liung Paduli Yang Dijadikan Tempat Isolasi Bagi Warga Yang Terpapar Covid 19

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Ditengah hiruk pikuk kasus COVID 19 atau Virus Corona yang tengah mewabah di hampir seluruh pelosok tanah air Indonesia, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe telah melakukan berbagai langkah untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang mematikan itu.

Bupati Gaghana Saat Memimpin Langsung Tim Gugus Percepatan Pemberantasan Covid-19 di Pelabuhan Nusantara Tahuna


Berbagai langkah antisipatif penyebaran Covid 19 yang dilakukan Pemkab Sangihe itu dilakukan semenjak awal bulan Maret 2020. Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana bersama Forkopimda memimpin langsung pembentukan Tim Gugus Percepatan Pencegahan Virus Corona yang kemudian ditindaklanjuti dengan penyemprotan Desinfektan di seluruh kantor unit kerja di lingkup Pemkab Sangihe.

Tim Gugus PP Covid 19 Siap Melakukan Penyemprotan Desinfektan si Seluruh Kantor Unit Kerja


Bupati Gaghana kemudian memerintahkan pembentukan Tim Gugus di masing-masing Kecamatan, yang saat ini sudah sementara bekerja melakukan penyemprotan Desinfektan di berbagai tempat umum seperti pasar dan rumah warga.


Dalam penanganan wabah C19, di tanah Tampungang Lawo Sangihe, Bupati Gaghana secara up date menerima laporan dari tim gugus terkait penanganan C19 baik di tingkat Kabupaten maupun tingkat Kecamatan.


Monitoring Pasar
Bupati Gaghana bersama Instansi Teknis dalam hal ini Dinas Perindag Kemudian melakukan monitoring di Pasar Towo’e untuk memastikan stok bahan pokok serta harga barang lainya, sembari mengingatkan para pedagang untuk tidak memanfaatkan kasus C19 dengan menaikan harga bahan pokok secara sepihak.

Bupati Gaghana Saat Melakukan Monitoring harga kebutuhan pokok, di Pasar Towo’e

Di Pasar yang terbesar di Kota Tahuna itu, Gaghana berkomunikasi dengan para penjual bahan pokok serta warga yang menjual hasil pertaniannya sendiri, hingga memperoleh informasi akurat terkait harga jual barang. Dalam kesempatan itu, Bupati Gaghana meminta kepada warga untuk melaporkan kepada pemerintah jika ada pedagang yang menjual barang dengan harga yang tidak wajar.

Bupati Gaghana Saat Berdialog Dengan Penjual di Pasar Towo’e, meminta par pedagang menjaga jarak, sediakan tempat cuci tangan serta bermasker

“Saya minta masyarakat untuk melaporkan kepada pemerintah jika ada pedagan yang menjual bahan pokok dengan harga yang tidak wajar,” tegas Gaghana.


Sambangi Kebun Kelompok Tani

Bupati Jabes Gaghana Saat Menuju Perkebunan Kelompok Tani di Kecamatan Manganitu Selatan.

Setelah memastikan bahwa kinerja Tim Gugus Percepatan Pencegahan Covid 19, berjalan dengan baik. Setelah mendapat laporan dari Dinas Pertanian bahwa beberapa kelompok tani telah berhasil melakukan penanaman dan tinggal menunggu waktu panen, Bupati Gaghana yang turun didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sangihe, Ibu Ririswati Gaghana Katamsi Bersama sejumlah pejabat eselon II, langsung bergegas secara maraton menyambangi sejumlah kebun kelompok tani yang berada di Kecamatan Tahuna Barat dan Kecamatan Tabukan Utara.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Sangihe Ibu Ririswati Gaghana Katamsi Saat Berada di Tengah Kebun Cabe Milik Kelompok Tani Kecamatan Tahuna Barat
Bupati Gaghana Saat Berada di Tengah Kebun Tomat Milik Kelompok Tani Tahuna Barat

Saat menggunakan kakinya di lahan perkebunan kelompok tani yang telah ditumbuhi tanaman cabe dan berbagai jenis sayuran hijau, Bupati Gaghana tampak gembira, dan langsung bercakap-cakap dengan kelompok tani, sembari mendengar langsung apa saja yang masih kurang kemudian dicatat oleh tim penyuluh pertanian untuk kemudian ditindaklanjuti.

Bupati Jabes Gaghana, dan Ketua TP PKK Ibu Ririswati Gaghana Katamsi, Saat Berada di Kebun Sayur Mentimun Milik Kelompok Tani Kecamatan Tabukan Utara
Bupati Gaghana Saat Berdialog Dengan Anggota Kelompok Tani Kecamatan Tabukan Utara

Kepada Indonesiablitz.com, Bupati Gaghana menyampaikan apresiasi kepada para kelompok tani yang berhasil melakukan penanaman dan tinggal menunggu masa panen.

Bupati Gaghana Saat Berada di Perkebunan Kelompok Tani Kecamatan Manganitu Selatan

“Selaku pimpinan daerah saya tentunya harus memberi apresiasi kepala kelompok tani yang berhasil melakukan penanaman cabe, tomat serta sayuran, yang dalam waktu dekat mereka akan melakukan panen. Ini merupakan bentuk Kemandirian pangan daerah melalui produksi tani lokal yang secara terus menerus kita kembangkan dan lebih diperkuat. Pemerintah Daerah terus mendorong dan bergerak terjun langsung memotivasi kelompok tani,” ujar Gaghana.(adv-onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − 10 =