Gaghana : Dandes Bisa Dialihkan untuk Program Padat Karya

0
498
Bupati Sangihe, Jabes E Gaghana.

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe –  Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana , menginstruksikan kepada seluruh Kapitalaung,  agar bisa mengalihkan Dana Desa (Dandes) untuk program Padat Karya di kampung masing-masing. 

Gaghana mengatakan tujuan program Padat Karya tersebut, untuk mempekerjakan setiap warga yang banyak kehilangan pekerjaan akibat penyebaran virus Corona (Corona Virus Disease – 2019 – Covid-19).

“Saya minta para Kapitalaung agar dapat mengalihkan Dana Desa pada pekerjaan padat karya,  yang bisa melibatkan banyak masyarakat karena kehilangan pekerjaan akibat merebaknya Covid-19. Program Padat Karya itu untuk sektor pertanian di mana masyarakat bisa melakukan penanaman tanaman jenis holtikultura,  yang merupakan tanaman jangka pendek dengan hasil yang menjanjikan, dan gaji masyarakat pekerja bisa dibayar menggunakan dana desa ,” ujar Gaghana, kepada para awak media Senin (6/4).

Bupati mengatakan instruksi tersebut berdasarkan surat dari Kementrian Desa dan Transmigrasi terkait pengalihan Dandes untuk program Padat Karya di masing-masing Kampung. Di mana masyarakat yang berkerja melakukan penanaman tanaman jenis holtikultura bisa digaji dengan menggunakan dana desa, termasuk pembelian bibit tanaman.

Bupati Gaghana berharap instruksi tersebut bisa menanggulangi pengangguran warga yang kehilangan pekerjaan akibat penyebaran Covid-19, sembari mengingatkan kepada para Kapitalaung untuk tidak memanfaatkan program Padat Karya ini untuk kepentingan pribadinya. 

“Saya ingatkan kepada seluruh Kapitalaung agar benar-benar memanfaatkan dana desa untuk digunakan pada proyek Padat Karya tersebut dan jangan sampai ada oknum Kapitalaung yang cari untung dalam program Padat Karya ini,” tegas Gaghana. (onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × one =