Untuk Keselamatan Paramedis, Ini Yang Dilakukan Bupati Jabes Gaghana

0
465
Bupati Sangihe, Jabes Gaghana Selaku Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid - 19 Kabupaten Kepulauan Sangihe Saat Membagikan Paket ADP Untuk Paramedis di Sejumlah Puskesmas, Sabtu (18/4)

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Paramedis atau tenaga kesehatan yang bertugas di rumah sakit maupun di Puskesmas dinilai paling rentan terkena wabah Corona virus atau Covid -19 jika tidak mengenakan Alat Pelindung Diri (APD), saat melayani pasien yang diduga mengidap penyakit mematikan itu.

Olehnya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe melakukan tindakan antisipatif dengan membagikan ADP kepada para tenaga medis yang bertugas di sejumlah Puskesmas untuk dipakai saat melayani pasien yang datang meminta pelayanan kesehatan di Puskesmas setempat.

Pembagian ADP tersebut dilakukan Bupati Jabes Gaghana saat melaksanakan pemantauan di Puskemas Kecamatan Manganitu, Kecamatan Tamako dan Kecamatan Manganitu Selatan, Sabtu (18/4).

“Paket APD yang dipesan oleh pemerintah daerah baru saja tiba dan langsung dibagikan di tiga Puskesmas yang kami datangi. Selanjutnya, pembagian ADP untuk Puskesmas yang berada di Kecamatan Kepulauan, seperti Marore, Tatoareng dan Nusa Tabukan sudah ditangani oleh Tim Gugus Percepatan dan Penanganan Covid – 19 Daerah bersama Tim dari Kecamatan” ujar Gaghana, seraya menambahkan ADP yang dibagikan tersebut merupakan tambahan bagi Puskesmas yang masih kekurangan ADP .

Hal lainya yang menjadi atensi pemerintah daerah adalah melakukan, monitoring melalui pemerintah Kecamatan, pemerintah kampung terkait upaya penanganan Isolasi mandiri dan kesiapan rumah singgah di setiap kampung, untuk memaksimalkan pencegahan covid-19.

“Kami juga meminta tenaga medis untuk menyiapkan lokasi khusus bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang masih banyak pulang kampung dari Manado dan wilayah lainnya, serta peran camat dan kapitalaung, benar-benar dijalankan untuk mengsosialisakan pencegahan covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara percepatan penanganan Covid 19 Kabupaten Sangihe, Jopy Thungari yang turut serta bersama Bupati menyatakan semua tenaga medis Puskesmas yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe akan diberikan ADP secara lengkap. (onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + fifteen =