Enam Kali WTP, Gaghana Minta Kualitas Kerja ASN Lebih Ditingkatkan

0
474
Bupati Jabes Gaghana Bersama Ketua DPRD Sangihe, Josephus Kakondo Saat Menerima Dokumen WTP dari BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe kembali menorehkan prestasi gemilang, dalam pengelolaan keuangan daerah. Ini setelah pihak BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara pada Senin (11/5), menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)Tahun Anggaran (TA) 2019, dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), ke enam kalinya dan diterima langsung Bupati Jabes Ezar Gaghana bersama Ketua DPRD Sangihe, Josephus Kakondo.


Penyerahan LHP LKPD TA 2019 tersebut dilaksanakan secara serentak bagi Kabupaten /Kota se Provinsi Sulawesi Utara lewat Video Conference (Vidcon).


“Opini WTP keenam kalinya yang kita terima saat ini, bukan semata karena kehebatan Bupati dan Wakil Bupati, tetapi karena adanya kerja sama yang baik antara eksekutif dan legislatif serta lembaga lainya, termasuk dukungan seluruh masyarakat terhadap pemerintahan Megahagho,” ujar Gaghana kepada para awak media usai menggelar Vidcon dengan BPK RI Perwakilan Sulut, Senin siang.


Gaghana menambahkan, hal yang menjadi catatan penting adalah, pemerintah daerah berhasil meminimalisir temuan BPK, terkait pengelolaan keuangan daerah. Olehnya ia meminta kepada seluruh ASN di lingkup Pemkab Sangihe untuk lebih meningkatkan kualitas kinerja dimasing-masing OPD, agar pemerintahan yang bersih dan sukses akan terwujud demi kemajuan daerah dan kesejahteraan seluruh masyarakat Tampungang Lawo.


Meski demikian, Bupati Gaghana tak menampik jika pada Sistem Pengendalian Internal (SPI) dan Kepatutan masih terdapat kekuarangan yang harus dibenahi dan ditindak lajuti kedepannya. Olehnya, tambah Gaghana, kerja sama, juga kualitas kinerja semua elemen pemerintah harus benar-benar di pacu dan ditingkatkan agar hasilnya lebih maksimal.


Sementara itu, Ketua DPRD Sangihe, Josephus Kakondo selaku pimpinan Lembaga fungsi pengawasan kinerja pemerintah daerah, memberi apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah meraih Opini WTP enam kali secara berturut-turut.

“Ini merupakan langkah awal dan catatan yang sangat penting untuk dipertahankan terhadap apa yang telah diraih, juga sesegera mungkin memperbaiki setiap kekurangan yang ada. Untuk itu, kita tidak perlu terjebak pada ceremony, tidak tergiur dan berpuas diri atas WTP yang didapatkan,” ujar Kakondo.

Dia berharap kerja sama Pemkab Sangihe dan DPRD tetap berjalan searah, sehinggah kedepannya, sistem kerja yang sudah terssaji dapat terlaksana dengan baik, demi kemajuan daerah serta kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. (onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 1 =