Sangihe Siapkan Rp 16 Miliar THR Untuk 3700 ASN

0
261
Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Sangihe, Femmy Montang

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, telah menggelontorkan dana kurang lebih 16 miliar untuk pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) TAHUN 2020 bagi 3700 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Sangihe.

“Kurang lebih 16 miliar telah disiapkan untuk pembayaran THR kepada 3700 ASN yang mengabdi di lingkup Pemkab Sangihe. Penyaluranya tinggal menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) dari Kementrian Keuangan,” ujar Kepala Badan Keuangan Daerah, Femmy Montang kepada wartawan Selasa (12/5).

Dia menjelaskan, selain menunggu Juknis, dan dasar aturan yakni Peraturan Pemerintah (PP) terkait pembayaran THR ASN ini, pihaknya melalui Sekretaris Badan Keuangan daerah saat ini sedang membuat Peraturan Bupati (Perbup) perubahan terkait pembayaran THR.

“Keputusan pencairan THR bagi ASN tertuang dalam Surat Menteri Keuangan yang ditandatangani Menkeu, dengan perincian THR yang diberikan meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, serta tunjangan jabatan, dimana THR untuk tahun ini lebih besar dari gaji pokok, karena tidak ada potongan. Ini juga baru untuk pembayaran gaji 14 istilah dari THR, tetapi kalau untuk gaji 13 belum dieksekusi,” terangnya.

Dijelaskan pula bahwa penerima THR hanya pada level eselon III ke bawah dengan jumlah 3.700 lebih ASN di lingkup Pemkab Sangihe. Pembayaran THR pada tahun 2020 tidak akan dilakukan pemotongan, hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya pemerintah daerah terkait pandemik Covid-19, namun pastinya pembayarannya akan dilakukan setelah adanya Juknis dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Keuangan. (onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four + 5 =