Pemkab Sangihe Terima Sertifikat Kapabilitas APIP Level 3

0
370

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Jargon “Sangihe Bekerja” ternyata bukan hanya sekedar isapan jempol saja. Beragam bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe benar-benar bekerja telah diraih dengan berbagai penghargaan dari pemerintah pusat.
Penghargaan kali ini yang siperoleh adalah Sertifikat Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Sertifikat APIP Level 3 tersebut merupakan penghargaan atas kinerja Inspektorat Sangihe yang telah bekerja maksimal dalam mencegah penyelewengan uang negara.

Penyerahan sertifikat tersebut digelar melalui Video Confference, diterima langsung Bupati Jabes Ezar Gaghana, yang turut didampingi Sekretaris Daerah, Harry Wolf, Inspektur Inspektorat, N Pande dan Kaban Keuangan Femmy Montang, di ruang kerja Bupati, Senin (15/6)

Berdasarkan hasil quality assurance,
Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulut, Setia Nugroho, memberi apresiasi atas capaian kinerja Inspektorat Sangihe yang begitu maksimal. Buktinya, kata Nugroho, dari 7 Kabupaten penerima Sertifikat Kapabilitas Level 3 di Sulut, salah satunya adalah Sangihe.

“Kami tentunya memberi apresiasi atas capaian kinerja Inspektorat Sangihe dalam melaksanakan tugas pengawasan pengelolaan keuangan daerah di masing-masing OPD, begitu maksimal, sehingga berdasarkan hasil Quality Assurance dari BPKP, Sangihe mendapat penghargaan tersebut,” ujar Nugroho.

Dikatakannya, selain menjadi kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat Sangihe, hal itu juga menjadi kebanggaan bagi BPKP sebagai pembina APIP. Dia berharap Inspektur berserta seluruh jajarannya untuk lebih mendalami titik rawan terhadap pengelolaan keuangan daerah serta terus meningkatkan kapabilitas kinerja dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengawas dalam pengelolaan keuangan di Kabupaten Kepulauan Sangihe.


Dengan capaian kapabilitas level ini, Inspektorat lebih mempertegas kepada para pejabat tentang resiko penyalahgunaan keuangan daerah, agar dikemudian hari tidak ada berita atau cerita pejabat Sangihe tersandung kasus hukum karena korupsi.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana Menyatakan, capaian kapabilitas APIP level 3 ini merupakan sebuah momentum yang sangat bersejarah karena baru kali ini Sangihe mendapat penilaian yang sangat baik dari BPKP.

“Atas nama seluruh warga Sangihe, kami menyampaikan terima kasih kepada perwakilan BPKP provinsi Sulut yang sudah bersama-sama mengawal dan memberikan penilaian atas kinerja Inspektorat dalam pengawasan pengelolaan keuangan daerah, sehingga hasil yang baik boleh kami dapatkan saat ini,” ujar Gaghana.

Menurut Gaghana, dengan capaian level ini, tentunya menjadi komitmen bagi pemerintah daerah dan jajaran inspektorat, dalam tugas tanggung jawab terhadap pembinaan bagi seluruh OPD yang perlu mendapat pendampingan terus-menerus, pencerahan dan perbaikan untuk diwujudkan bersama.

Kepada Perwakilan BPKP Sulut, Gaghana juga menjelaskan, bahwa pemerintah daerah sudah melakukan pergeseran anggran APBD untuk digunakan dala penanganan pandemi covid-19, melalui sekretariat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Kabupaten Sangihe.

“Semua kegiatan ini, tentu kami kawal bersama dengan jajaran Inspektorat, serta pemeriksa eksternal dari kejaksaan, sehingga kami lebih aman dan nyaman untuk hal-hal yang di hadapi saat ini,” tukasnya, seraya menambahkan bahwa dengan capaian Kapabilitas APIP Level 3 ini, tidak ada lagi oknum pejabat di lingkup Pemkab Sangihe yang tersangkut kasus hukum akibat menyelewengkan uang daerah. (onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 − 2 =