3 Tahun Kepemimpinan, Ghagana Buktikan Capaian Kinerja

0
620
Melayani Masyarakat Dengan Tulus, Adalah Bentuk Komitmen Bupati Jabes Gaghana, membangun kawasan perbatasan Sangihe.

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – “Menjadi pimpinan daerah tidak semudah yang dipikirkan banyak orang”. Ungkapan ini disampaikan Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, kepada Indonesiablitz.com pada saat berbincang-bincang pada suatu kesempatan.

Namun belajar dari pengalaman dua periode menjabat Wakil Bupati, Gaghana yang akrab disapa “Ara Jabes” itu, mengaku sudah sangat memahami tentang seluk-beluk sistem pemerintahan dan birokrasi. Bahkan perangai para pejabat di lingkup Pemkab Sangihe sudah ia ketahui, termasuk kapasitas mereka.

Bupati Kep. Sangihe, Jabes Gaghana dan Ketua Tim PKK Kab. Kep. Sangihe, Ririswati Gaghana Katamsi, turun langsung membangkitkan pertanian di Sangihe, dari tidur panjang.

Kurang lebih tiga tahun menjalankan tugasnya sebagai pimpinan daerah, ia mampu menjalankan amanat masyarakat Tampungang Lawo, melalui kerja keras bersama seluruh jajarannya serta kemampuannya menjalin hubungan baik lewat koordinasi antar lembaga pemerintahan yang ada di Sangihe.

Diapun tak pernah menampik jika dalam kepemimpinannya selaku Bupati, ada sejumlah pihak kerap melontarkan kritikan miring bahkan pesimisme atas kemampuan dirinya dalam memajukan daerah ini.

Di bidang Perikanan, berbagai upaya dilakukan Bupati Sangihe, Jabes Gaghana, memasarkan hasil tangkapan nelayan, agar bernilai ekonomis tinggi


“Kalau tudingan miring bahkan adanya keraguan pihak tertentu atas kemampuan saya memimpin daerah ini, memang sering terdengar. Tapi apa manfaatnya jika waktu kita hanya dihabiskan untuk menyikapi suatu hal yang tak ada faedahnya, sementara ada banyak kepentingan warga yang harus kita perhatikan,” ujar Gaghana.

Meskipun demikian, Jabes Gaghana mengaku tak anti kritik. Bahkan kritik konstruktif diperlukan sebagai kontrol terhadap jalannya pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Gaghana Saat Melihat Langsung Proses Packing Ikan Yang Akan Diekspor, di Sentra Perikanan Dagho. Berbagai kritik dan hujatan “hater” ditepis dengan aksi konkret.

” Selama masih di dunia belum ada yang sempurna, kritik disertai saran yang sifatnya membangun sangat diperlukan bagi kesejahteraan seluruh masyarakat Sangihe,” papar Gaghana.

Jabes Ezar Gaghanan tak segan menerima kritik dan Berbagai keluhan petani, agar dimasukkan dalam kebijakan strategis ketahanan pangan.

Hasil kerja keras Bupati Gaghana bersama seluruh jajarannya, merupakan bukti bahwa pemerintah demikian serius membangun daerah dengan mengedepankan kepentingan bagi masyarakat banyak.

“Jadi, kerja keras yang dilakukan pemerintah, untuk kemajuan daerah dan kepentingan masyarakat banyak, merupakan wujud kepedulian pemerintah daerah bagi seluruh masyarakat. Dan hal ini sebagai bentuk jawaban saya terhadap tudingan miring serta keraguan pihak tertentu kepada saya,” tuturnya.

Menerima Piagam Penghargaan Dari Pemerintah Pusat Atas Hasil Kerja Bupati Jabes Gaghana Bersama Jajaranya, tanpa kerja keras mustahil berbagai prestasi diganjar penghargaan pemerintah pusat.

Gaghana bahkan tampak tersenyum ketika disinggung, soal sikap miring pihak tertentu yang kerap memojokkan dirinya, adalah sebuah tindakan “Menggantang Asap, Mengukir Langit” atau sebuah pekerjaan sia-sia yang tidak ada gunanya sama sekali.

” Saya tidak pernah memaksa setiap orang menyukai saya, ataupun melarang orang membenci saya. Prinsip saya, untuk bahagia tak perlu memaksa setiap orang menyukaimu,” ungkap Gaghanan dengan bijak.

Atas kepiawaiannya memimpin daerah ini, Jabes Gaghana beberapa kali menjadi pemateri dalam seminar, workshop dan dialog, untuk menjadi teladan daerah- daerah lainnya

Sementara kunjungan ke pulau-pulau yang belakangan ini intens dilakukan pemerintah, sebagai bentuk konsekuensi dari pimpinan sebuah daerah kepulauan.

“Betapa tidak adilnya saya, jika tidak mendatangi dan bertatap muka dengan masyarakat yang ada di pelosok pulau. Toh, jika pengabdian yang saya lakukan untuk kepentingan rakyat, lalu ada pihak yang memberikan penilaian miring, itu kan hak mereka yang tidak perlu ditanggapi,” jelasnya.

Kerja keras yang dilakukan pemerintah saat ini, sudah ada hasilnya, dan tidak perlu diuraikan satu persatu, karena mayoritas masyarakat Tampungang Lawo, sudah tahu. Sukses dan sehat selalu untuk pak Bupati bersama seluruh jajarannya. (ronal katiandagho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − 1 =