Ondang: Hikmah Covid 19 Dekatkan Sekolah dan Wali Murid

0
443
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung, Julius Ondang memberikan masker sekaligus mengenakannya kepada siswa yang tak membawa masker saat kegiatan belajar mengajar

Indonesiablitz.com, Bitung – Banyak orang berpikir, pandemi Covid 19 menjauhkan siswa/ wali murid dengan pihak sekolah, karena sebagian besar kegiatan belajar mengajar menggunakan internet atau media daring. Namun tak demikian bagi sebagian warga di Pulau Lembeh, yang belum dijangkau jaringan internet.

Hal tersebut terungkap dalam sidak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung, Julius Ondang, pada Rabu 22/7/2020, di Kecamatan Lembeh Selatan. Sejumlah sekolah telah memulai tahun ajaran baru dengan kegiatan belajar mengajar, setelah pekan lalu menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

” Kami telah membuat panduan teknis kegiatan belajar mengajar saat pandemi Covid 19, yakni dengan media daring (dalam jaringan/ internet) dan luring (luar jaringan/ tatap muka),” kata Julius Ondang.

Menurut Kepala Dinas, yang dikenal ramah ini, kegiatan belajar mengajar dengan metode luring masih digunakan di lokasi yang terjangkau jaringan internet. ” Saat pandemi Covid 19 kami menggunakan dua metode KBM Daring dan Luring. Meskipun ada jaringan internet, ternyata masih banyak anak didik yang tak memiliki gadget berbasis android, hingga tetap digunakan metode Luring,” tambah Ondang.

Di Kecamatan Lembeh Selatan, sejumlah sekolah menggunakan teras Gereja, Masjid dan rumah warga sebagai TKB (Tempat Kegiatan Belajar), dengan protokol kesehatan yang ketat. Hal inilah yang mendekatkan hubungan sekolah dengan wali murid.

” Siapa bilang Covid 19 menjauhkan hubungan sekolah dengan siswa atau wali murid, justru di sini hubungan itu lebih dekat, komunikasi orang tua murid dengan sekolah lebih lancar. Dan tak jarang para guru mendapatkan berkat, dengan membawa pulang ubi dan buah pisang,” pungkas Ondang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 − six =