KLHK Pulangkan 91 Ekor Satwa Langka dari Filipina

0
405
91 ekor satwa langka berbagai jenis tiba di Pelabuhan Bitung pada Kamis 30/7/2020

Indonesiablitz.com, Bitung – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan repatriasi 91 ekor satwa langka dari Negara Filipina. Puluhan ekor satwa berbagai jenis tersebut menumpang kapal laut, KM Gloria 28, pada Kamis, 30/7/2020.

” Selama beberapa bulan ini kami dari KLHK bersinergi dengan Kementerian Luar Negeri, dalam hal ini Konsulat Jenderal RI Davao dan Pemerintah Filipina, untuk mengembalikan satwa langka ke habitat asli di berbagai daerah di Indonesia,” kata Dirjen Penegakan Hukum KLHK, Rasio Ridho Sani.

Satwa langka tersebut didapatkan secara illegal, melalui jalur laut dan dipelihara oleh warga negara Filipina, hingga harus dikembalikan ke habitat aslinya. Indonesia dan Filipina telah meratifikasi CITES (Convention on International Trade in Endangered of Wild Fauna and Flora ).

” Sesuai Konvensi tersebut, Jika ada satwa atau tumbuhan langka asli Filipina yang dipelihara oleh warga negara Indonesia, kami juga harus mengembalikannya ke negara asal,” tambah Sani.

Menurut Dirjen Gakkum KLHK, Rasio Ridho Sani, pihaknya akan mengejar pelaku penyelundupan satwa langka, karena dalam jangka panjang akan merusak keseimbangan ekosistem di habitatnya.

” Ini baru satwa yang dikembalikan, kami akan terus melakukan pengejaran terhadap pelaku kejahatan penyelundupan satwa langka. Karena satwa-satwa ini merupakan simbol kedaulatan Indonesia di tingkat internasional,” tambahnya.

Dokumen 91 ekor satwa langka tersebut secara simbolis diserahkan Dirjen Gakkum KLHK, Rasio Ridho Sani kepada Walikota Bitung, Max Lomban. Dari Walikota Bitung dokumen tersebut diserahkan kepada Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulutgo, Noel Layuk Allo.

Sebelum dilepasliarkan ke habitat asli, Satwa langka akan beradaptasi di lokasi Pusat Penyelamatan Satwa Liar, Tasikoki Bitung. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 5 =