Kemenkes Bakal Cairkan Dana Lanjutan Pembangunan RSR Sangihe

0
383
Bupati Jabes Ezar Gaghana Bersama Wakil Ketua II DPRD Sangihe Michael Thungari dan Direktur RSUD Liunkendage Tahuna dr. Handry Pasandaran, Saat Melakukan Audensi dengan Direktur Fasilitas Kesehatan Kemenkes RI, Senin (24/8)

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Kementrian Kesehatan RI memastikan dana lanjutan pembangunan Rumah Sakit Rujukan (RSR) Sangihe tahap III, akan dicairkan pada tahun 2021 mendatang melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2021.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, melalui Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Frangky Natingkaseh kepada wartawan, Senin (25/8).

“Bahwa dana pembangunan lanjutan RSR, akan dicairkan tahun 2021 mendatang, disampaikan langsung Direktur Fasilitas Kesehatan Kemenkes RI, Andi Saguni, kepada pak bupati bersama Wakil Ketua II DPRD Sangihe, Michael Thungari dan Direktur RSUD Liunkendage Tahuna, Hadry Pasandaran, di gedung Kemenkes RI, Senin (24/8),” ujar Natingkaseh, seraya menambahkan bahwa hal tersebut merupakan wujud kerja keras pemerintah daerah dalam mewujudkan bidang kesehatan di tanah Tampungang Lawo Sangihe, lebih optimal.

Sementara itu, Direktur RSUD Liun Kendage Tahuna, Handry Pasandaran menjelaskan, pertemuan dengan Direktur Fasilitas Kesehatan Kemenkes RI itu, mereka membawa dokumen usulan dana alokasi khusus (DAK) tahun 2021 untuk lanjutan pembangunan rumah sakit rujukan, serta konsultasi terkait usulan tambahan anggaran untuk penanganan COVID-19 di Kabupaten Kepulauan Sangihe tahun anggaran 2020 yang bersumber dari Dana BABUN Dirjen Pelayanan Kesehatan tahun anggaran 2020.

“Dari hasil konsultasi ada beberapa arahan teknis dari dr Andi Saguni, terkait dengan apa saja yang dipersiapkan dan dilengkapi secara teknis. Dan pada prinsipnya mereka menerima usulan kami, walaupun tidak semua dari apa yang kami usulkan akan diterima 100 persen karena tergantung dari persediaan anggaran,” jelas Pasandaran.

Menurut Handry Pasandaran, sepanjang persyaratan teknisnya memenuhi syarat dan sesuai kebutuhan maka dipastikan akan diakomodir.

“Kami yakin tahun depan pemerintah pusat melalui Kemenkes RI akan merealisasikan dana untuk lanjutan pembangunan RSR,” kata Pasandaran, seraya menyampaikan terima kasih terhadap besarnya atensi pemerintah pusat bagi Kabupaten Kepulauan Sangihe. (onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 2 =