Kayu Kelapa Sangihe Tembus Pasar Luar Negeri

0
74
Kayu Kelapa Gelondongan Dalam Kontainer Yang Akan Kirim ke Surabaya Dengan Tol Laut, sebelum diekspor ke luar negeri

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Kayu Kelapa asal Sangihe, ternyata tidak hanya laris di pasaran Indonesia, namun batang kelapa tua yang kerap dijadikan kayu bakar oleh masyarakat itu justeru telah menembus pasar luar negeri, lantaran memiliki kualitas yang sangat baik. Hal tersebut dikemukakan Operator PT Pelni Cabang Tahuna, Hamdan Janis kepada Indonesiablitz.com di Pelabuhan Nusantara Tahuna, Jumat (2/10).

“Setiap trip Kapal Tol Laut dari Tahuna akan memuat 20 kontainer berisi kayu kelapa dalam bentuk balok dan gelondongan, sebanyak 400 ton, tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, dimana pengiriman bahan mentah kayu kelapa ini sudah berlangsung hampir dua tahun,” ujar Janis.

Dikatakannya, selain masuk Surabaya Jepara dan Bali, hasil produksinya kemudian diexport ke Singapura, Thailan dan beberapa negara lainnya. Menurut dia, ada sekitar 6 pengusaha yang datang membeli kayu kelapa di Sangihe dengan memanfaatkan PT Pelni Cabang Tahuna untuk pemuatan di kapal Tol Laut.

“Ternyata menurut para pengusaha pembeli, kayu kelapa Sangihe memiliki kualitas yang sangat baik. Kalau sebelumnya hanya dibeli dalam bentuk balok atau setenga, namun saat ini pembeliannya juga dalam bentuk gelondongan, karena serbuknya juga dijadikan produk yang memiliki harga cukup tinggi,” ujar Janis, seraya menghimbau kepada seluruh warga Sangihe pemilik pohon kelapa yang sudah tidak bisa dipanjat, agar bisa menjualnya kepada para pengusaha pembeli, dengan menghubungi PT Pelni Cabang Tahuna. (onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 4 =