Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Sangihe Eksport Ikan ke Jepang

0
72
Bupati Gaghana Bersama Unsur Forkopimda, Pimpinan Stasiun BKIPM Tahuna, Beacukai dan Instansi Teknis, Saat Memberangkatkan Mobil Pengangkut Ikan Yang Akan Dieksport ke Jepang, Selasa (6/10)

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Ternyata tidak hanya sektor pertanian yang secara masif dikembangkan pemerintah daerah, namun sektor perikanan juga menjadi atensi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Hal ini dibuktikan dengan dilaksanakannya kegiatan eksport perdana ikan hasil tangkapan nelayan Sangihe jenis tuna dan ikan terbang ke negara Jepang.

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, melepas keberangkatan produk perikanan dari Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu Dan Keamanan Hasil Perikanan Tahuna (BKIPM) Tahuna, Selasa (6/10).

Bupati Gaghana dalam sambutannya, mengatakan, kegiatan eksport ikan ke luar negeri merupakan kali pertama yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Olehnya, Gaghana menyampaikan apresiasi kepada pihak Bea Cukai, BKIPM, Ikatan Pengusaha Perikanan, Go Class, Instansi Teknis, Tim Percepatan Eksport Sangihe, Pelaku Usaha Perikanan dan semua pihak yang telah bekerjasama hingga eksport perdana ikan tuna dan ikan terbang ke Jepang boleh terlaksana secara baik.

Ekspor komoditas perikanan ini, akan berdampak baik dalam peningkatan ekonomi bagi masyarakat nelayan serta perkembangan ekonomi Kabupaten Kepulauan Sangihe, dari sektor perikanan akan lebih baik lagi.

“Doa dan dukungan dari seluruh masyarakat sangat diharapkan dalam menopang keberlanjutan usaha Eksport ikan ini, sehingga program Sangihe Kota Tuna (SAKOTA) akan terwujud,” ujar Gaghana.

Meskipun jumlah ekspor ikan masih terbatas, namun wajib disyukuri, karena upaya keras pemerintah daerah dalam mengembangkan sektor perikanan bisa terwujud, melalui eksport ikan perdana ke negri Sakura Jepang, dimana kedepannya akan ada banyak pekerjaan yang akan dibenahi, sekaligus memberi support terhadap kebutuhan nelayan Sangihe, untuk mendapatkan hasil tangkap Ikan yang berkualitas.

“Selain menjadi kebanggaan kita bersama, melalui ekspor perdana ini, Kabupaten Sangihe mendapatkan devisa dan bagi hasil pajak,” kata Gaghana, seraya berharap ekspor perdana ini, Jepang menjadi pelanggan utama untuk ekspor ikan Tuna dan Ikan Layang dari Sangihe.

Sementara itu, Kepala Kantor BKIPM Tahuna, Geric Lumiu mengungkapkan, ini merupakan terobosan yang baik ketika komoditi perikanan bisa langsung dipasarkan ke luar negeri, Jepang.

“Kami berharap, kegiatan eksport ikan dari Sangihe ke Jepang akan berlangsung dalam jangka panjang, tentunya kualitas ikan hasil tangkapan nelayan sangihe dapat dipertahankan sehingga nilai jualnya mampu menaikan perekonomian masyarakat nelayan,” tutup Lumiu. (onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 + six =