Pembangkit Listrik Energi Terbarukan Siap Dibangun di Sangihe

0
224
Bupati Jabes Gaghana Saat Mendengar Penjelasan Dari Kedua Pimpinan Perusahaan Energy Yang akan Membangun Projec Tenaga Listrik Terbarukan di Sangihe.

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Ini kabar gembira bagi seluruh masyarakat Tampungang Lawo, Sangihe, karena Janji Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, bahwa pada tahun 2021 Sangihe akan memiliki Tenaga Listrik Terbarukan.

Hal tersebut dipertegas pertemuan Bupati dengan pimpinan dua perusahaan energi, PT Jasa Tirta Energi yang merupakan anak perusahaan dari Perum Jasa Tirta I milik BUMN dan PT Renewable Energi First (REF) dari Austria di Pondok Hijau Restorant Manado, Selasa (9/2).

Dalam Pertemuan tersebut yang merupakan tindak lanjut dari perbincangan yang digelar pada tanggal 14 Desember 2020 lalu di rumah jabatan Bupati, untuk membicarakan kerjasama di bidang Energi Terbarukan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Pembangkit Listrik Tenaga Bayu dan Pembangkit Listrik Tenaga Minihybrid. Kedua pimpinan Perusahaan menyampaikan maksud tawaran kerjasama kepada Pemkab Sangihe terkait lahan untuk pembangunan project tersebut sekaligus mendapatkan saham, dimana hasilnya akan dijual ke PLN dengan harga yang jauh lebih murah dibanding dengan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel.

Pimpinan PT REF Mr Hans dari Austria Saat Menjelaskan Titik Lokasi Pembangunan Projec Tenaga Listrik Terbarukan.

Kedua Perusahaan telah melakukan study awal dengan meninjau lokasi yang ada dimana Kabupaten Kepulauan Sangihe, yang paling memenuhi Kriteria, sehingga project dapat didahulukan di Sangihe dari empat daerah lainnya yang menjadi prioritas. Sedangkan untuk biaya studi awal dan biaya untuk project ini akan didapat dari dana pinjaman dengan bunga 0% dari bank Austria.

Bupati Jabes Gaghana menyambut baik tawaran kerjasama oleh dua perusahaan energi tersebut karena adanya keuntungan yang didapat dari project itu.

“Sebagai pemerintah daerah, tentunya sangat apreasit dan menyambut baik tawaran kerja sama dari dua perusahaan energy tersebut, karena adanya keuntungan yang akan kita dapati dari projec ini,” ujar Gaghana.

Diapun menjelaskan keuntungan yang akan didapat dari projec itu, yakni, Daerah memperoleh tambahan pendapatan, masyarakat mendapatkan sistem listrik yang lebih nyaman dan ramah lingkungan. Masyarakat juga akan membayar listrik dengan harga lebih murah.

Ditambahkan Gaghana, bukan saja daerah yang diuntungkan dalam project ini, tetapi juga negara karena dapat melakukan penghematan biaya yang keluar akibat penggunaan solar dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel.

Pertemuan tersebut turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Sangihe bersama Putery Esterina Gaghana, sebagai Interpreter, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Kabag Ekonomi, Kabag Sumber Daya Alam, Pelaksana Tiga (PLt) Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, serta Ibu Direktur PT Jasa Tirta Energi, Ety Sulistiawaty bersama tenaga teknisnya, Bakhtiar Triatmaja dan Mr Hans dari PT Renewable Energy First Austria. (onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen − fifteen =