Pemkab Sangihe Berupaya Warga Perbatasan Mendapat Pasokan Air Bersih

0
121
Bupati Jabes Ezar Gaghana Saat Melakukan Rapat Koordinasi dengan pihak BWSS I, Kamis (11/2)

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Perhatian Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana dalam mensejahterakan masyarakatnya patut diacungi jempol. Buktinya, meski di tengah situasi sulit akibat Pandemi Covid-19, Bupati bersama jajarannya tetap menjalankan tanggung jawabnya sebagai pimpinan pemerintahan untuk membangun daerah serta kesejahteraan seluruh rakyat Tampungang Lawo, Sangihe.

Dalam rapat Bupati dengan pihak Balai Wilayah Sungai Sulawesi I (BWSS I), Pimpinanya dalam hal ini, Ir Bastari M.Eng, telah memberi respon baik terhadap permasalahan penanganan pantai dan sungai pasca bencana serta program air bersih untuk beberapa pulau di Sangihe yang sulit akan kebutuhan air bersih.
Hal tersebut dikemukakan Bupati Gaghana melalui Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Irianto Manumpil kepada Indonesiablitz.com, Kamis (11/2).

“Dihadapan Pak Bupati Pimpinan BWSS I, pak Bastari, memberi respon baik atas koordinasi ini terkait apa yang menjadi permasalahan sehingga memprogramkan lanjutan pembangunan pengaman pantai teluk Tahuna dan penangaman pantai atau sungai kritis lainnya. Termasuk pembangunan Aquiger Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH) dan pembangunan terminal air bersih untuk pulau yang sulit akan kebutuhan air bersih,” ujar Manumpil.

Bahkan menurut eks wartawan Media Cetak Cahaya Siang itu, hal yang sangat menggembirakan bahwa pihak BWSS I telah menginstruksikan, bahwasanya untuk pembangunan pengamanan pantai Teluk Tahuna (Boulevard) yang merupakan aset PEMDA Sangihe.

Namun karena kewenangan dan keterbatasan anggaran, aset tersebut dapat di tangani oleh Pemerintah Pusat melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi I. Manumpil menambahkan, harapan Bupati Gaghana, apa yang telah disampaikan Pimpinan BWSS I, akan segera terealisasi dalam waktu yang tidak lama.

Sedangkan menyangkut pembangunan terminal air bersih dan ABSAH di beberapa pulau nantinya akan mendapat suplai air bersih dari PDAM Tahuna jika pembangunannya sudah selesai dikerjakan. Pasokan air bersih bagi masyarakat Kepulauan, merupakan bentuk Pembangunan yang adil dan merata(onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × 5 =