Bangun Rumpon, Bupati Gaghana Apresiasi Jemaat Lohong Tulumang

0
331
Bupati Sangihe Jabes Gaghana
Bupati Gaghana Bersama Ketua FKUB Sangihe, Pdt E Makasar Serta Camat Tahuna Barat, Emelia Karambut Saat Menghadiri Peluncuran Rumpon Milik Jemaat GMIST Lohon Tulumang di Pantai Tonggeng Gehang Kolongan Akembawi, Kamis (11/3)


INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Kebersamaan Jemaat GMIST Lohong Tulumang, Kolongan Akembawi Kecamatan Tahuna Barat dalam meningkatkan perekonomiannya, mendapat apresiasi Bupati Jabes Ezar Gaghana. Betapa tidak, di tengah situasi pandemi Covid-19, Jemaat dibawa pimpinan Pdt William Peea STh, mampu membangun satu unit Rumpon atau Bagang.

Jemaat Gereja tersebut membentuk kelompok nelayan yang bernama Koperasi Matanaya. Koperasi ini menurut Camat Tahuna Barat, Emelia Karambut, terbentuk atas inisiatif bersama Ketua Jemaat GMIST Lohong Tulumang bersama para nelayan di Jemaat, untuk meningkatkan kesejahteraan warga Jemaat. Dan diharapkan berdampak pada Kesejahteraan Jemaat (Organisasi Gereja) secara keseluruhan.

Dengan upaya swadaya para anggota dan bantuan Kredit Usaha Mikro dari perbankan, Koperasi Matanaya berhasil membangun sebuah Rumpon sebagai sebuah usaha bersama, yang diharapkan mampu meningkatkan perekonomian para nelayan sebagai warga Jemaat.

Rumpon atau Bagang, hasil swadaya jemaat GMIST Lohong Tulumang, Sudah Siap Diluncurkan.

Apresiasi Bupati Gaghana atas upaya Jemaat Lohong Tulumang tersebut diwujudkan dengan kehadirannya pada acara peluncuran Rumpon yang berlokasi di pantai Ronggeng Gehang Kolongan Akembawi, Kamis (11/3). Kehadiran Gaghana yang juga sebagai Ketua Pelka Bapa Sinode GMIST itu pada acara peluncuran Rumpon, tersebut usai melaksanakan olah raga bersepeda bersama pimpinan DPRD Sangihe, Sekda serta sejumlah pimpinan OPD.

“Selaku pimpinan daerah, saya menyampaikan apresiasi atas kebersamaan pimpinan dan Jemaat Lohong Tulumang yang berhasil membangun sebuah Rumpon sebagai induk usaha bersama kelompok nelayan yang nota bene sebagai warga jemaat. Saya berharap, usaha Koperasi Matanaya ini akan berkembang lebih luas, terlebih hasil tangkapan ikannya, apalagi anggota koperasinya telah mengikuti sosialisasi penanganan dan pengelolaan pasca tangkap dari pak Sekda. Belum lagi, saat ini Sangihe telah menggaet beberapa perusahaan perikanan, yang telah siap membeli hasil tangkapan kelompok nelayan ini,” ujar Gaghana.

Pemerintah Daerah pun mengapresiasi dan merespon positif geliat Koperasi Matanaya ini. Beberapa kegiatan telah dilaksanakan Pemerintah Daerah bersama anggota Koperasi, seperti Sosialisasi penanganan dan pengolahan pasca tangkap oleh Sekda Kabupaten Kepl. Sangihe yang menggaet beberapa perusahaan yang bergerak di bidang Perikanan.

Gaghana juga berharap, apa yang telah dilaksanakan oleh Jemaat GMIST Lohong Tulumang ini dapat diikuti oleh jemaat lainya yang ada dilingkup Sinode GMIST, sehingga konsep pemberdayaan seperti ini akan benar-benar dapat terwujud, dimana kebersamaan dalam gotong royong seperti ini akan menjadi kunci keberhasilan sebuah usaha jika dijalankan secara bersama. (onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 + 1 =