Tamako Jadi Areal Pembangkit Listrik Energi Terbarukan

0
450
Pemkab Sangihe sediakan lahan pembangunan pembangkit listrik energi terbarukan
Bupati Sangihe Jabes Gaghana menetapkan tiga titik pembangunan Pembangkit Listrik Energi Terbarukan, di Kecamatan Tamako.

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, akhirnya menetapkan Kecamatan Tamako menjadi areal untuk Project pembangunan Pembangkit Listrik Berbasis Energi Terbarukan. Bupati Jabes Gaghana bahkan meninjau secara langsung titik koordinatnya, Jumat (12/3).

Tiga titik koordinat yang ditinjau Bupati Gaghana, masing-masing Lumahedo Kampung Nagha II untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (Angin) (PLTB), Kampung Upel untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan Kampung Balane untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sekaligus sebagai pusat transmisi.

di bawah kepemimpinan Jabes Gaghana, Sangihe akan manfaatkan angin, air dan energi matahari menjadi energi listrik terbarukan

Hal tersebut dikemukakan Bupati Gaghana melalui Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Irianto Manumpil kepada indonesiablitz.com, Sabtu (13/3). Dijelaskan Manumpil, Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid atau PLTH adalah suatu sistem pembangkit listrik yang memadukan beberapa jenis pembangkit listrik, pada umumnya antara pembangkit listrik berbasis energi terbarukan ada pula pembangkit listrik berbasis tenaga angin dengan tenaga matahari, yang akan dibangun di Kampung Balane sebagai pusat transmisinya.

“Dalam beberapa hari ke depan, Pak Bupati akan menemui Direktur perusahaan PT Jasa Tirta Energi, perusahaan BUMN di Jakarta untuk melaporkan kesiapan Pemerintah Daerah atas lahan yang telah disiapkan untuk Projec pembangunan PLTH, dengan harapan tahun 2021 ini, Sangihe sudah memiliki aliran listrik berenergi terbarukan, ujar Manumpil mengutip penjelasan Bupati, Jabes Gaghana.

Dengan pembangunan PLTH ini nantinya bisa mengatasi permasalahan kelistrikan di tanah Tampungang Lawo, dan jika sudah beroperasi akan dijual ke PLN. Sementara itu, Camat Tamako, Hengky Nantingkaseh yang turut mendampingi Bupati meninjau lokasi Titik Koordinat, menyatakan, bahwa secara intens, pihaknya akan mensosialisasikan kepada seluruh warganya terkait projec PLTH di tanah Mantelagheng, Tamako. (onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × three =