Kejari Bitung Tetapkan MS Tersangka Pungli Dana BOS

0
780
Kajari Bitung Frenkie Son
Kajari Bitung Frenkie Son

Indonesiablitz.com, Bitung – Penyidik Kejaksaan Negeri Bitung akhirnya menetapkan oknum pejabat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun anggaran 2020, pada Rabu (24/3/2021).

” Seluruh penyidik Kejari Bitung baru selesai melakukan ekspos kasus dugaan korupsi dana BOS Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan menetapkan MS alias Mey sebagai tersangka,” kata Kajari Bitung, Frenkie Son.

Kejari Bitung menjerat MS, yang menjabat Sekretaris Dinas dikbud Kota Bitung dengan pelanggaran Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, Junto UU No 20 Tahun 2001, tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

” Kami mempersangkakan MS melanggar pasal 12 F, Undang-Undang Tipikor, karena sebagai ASN meminta, menerima atau memotong pembayaran kas umum, atas ASN lain,” tambah Frenkie.

Dalam kasus tersebut Kejari Bitung telah memeriksa 11 orang Kepala Sekolah SD dan SMP se-kota Bitung, sejumlah pejabat di Dinas Dikbud, serta salsh seorang pengurus Koperasi.

” Modusnya tersangka MS menjadwalkan pencairan dana BOS di salah satu Bank. MS meminta setoran kepada Kepsek, karena telah memperjuangkannya dilantik menjadi Kepsek,” beber Frenkie.

Dari pengakuan sejumlah Kepsek, tersangka MS menerima setoran senilai lebih dari 300 juta rupiah. Kemudian Tersangka MS mengarahkan para Kepsek untuk meminjam uang di salah satu koperasi untuk menutup dana BOS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen − ten =