Kemenag Cairkan Dana BOS Madrasah Swasta 3,6 T

0
224
Kantor Kemenag RI
Kantor Kemenag RI ( foto: kemenag.go.id)

Indonesiablitz.com, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) hari ini, Rabu (31/3/2021) mencairkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi madrasah swasta. Dilansir dari situs kemenag.go.id, Pengucuran Dana BOS disampaikan Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah A. Umar .

“Insya Allah sekitar 3,6 triliun rupiah, dana BOS bagi madrasah swasta akan dikucurkan Rabu pagi,” terang Umar.

Pengelola BOS madrasah dapat mengakses portal https://bos.kemenag.go.id untuk melakukan penyaluran dan pelaporan dana BOS.

Pada tahun-tahun sebelumnya, penyaluran BOS madrasah swasta melalui Kantor Kemenag Kabupaten/Kota  atau Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi. Namun tahun ini langsung dari Kemenag RI.

“Mulai tahun ini, pencairan  BOS madrasah swasta dilakukan  dari pusat. Hal ini untuk memudahkan monitoring,” kata Umar. 

Kementerian Agama RI berharap dengan monitoring langsung, dana BOS senilai 3,6 triliun rupiah dapat tersalur secara optimal. Dana BOS harus benar-benar bermanfaat bagi sekolah dan anak didik.

Prestasi siswa dan guru dari setiap sekolah menjadi indikator, bermanfaat atau tidaknya dana BOS dalam kegiatan Belajar Mengajar. Selain itu Kemenag tahun ini mulai mengembangkan sistem pelaporan digital.

” Sistem pelaporan kini menggunakan aplikasi digital, tak lagi manual. Ini kami maksudkan untuk memperbaiki tata kelola madrasah,” pungkas Umar.

Sumber: kemenag.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 + 19 =