KPU Pastikan Tak Ada Calon Petahana Pada Pilkada 2024

0
402
Komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Sangihe Jeck Seba

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, akan segera memulai tahapan untuk pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang. Tahapan Pemilu dimulai dari bulan Juli – Agustus 2021.

Tahapan Pemilu diawali dengan pendataan parpol dan verifikasi peserta Pemilu, di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). KPU juga akan menggelar Bimtek bagi para operator Sipol, Partai Politik.

Hal tersebut dikemukakan Komisioner Devisi Hukum KPUD Sangihe, Jeck Seba kepada Indonesiablitz.com di Tahuna, Kamis (29/4).


“Untuk tahapan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang, KPU telah mengusulkan 30 bulan sebelum pelaksanaannya, sehingga sekitar bulan Juli atau Agustus 2021 ini tahapannya sudah dimulai, karena pada Pemilu Serentak 2024 mendatang akan diawali dengan Pemilihan Legislatif sekitar bulan Maret, sedangkan Pilkada akan dilaksanakan sekitar bulan November,” ujar Seba.

Dia juga menjelaskan, pada Pilkada Sangihe 2024 mendatang tidak ada calon Petahana atau incunbent yang akan ikut bertarung, karena masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Sangihe hasil Pilkada 2017 akan berakhir pada tanggal 22 Mei 2022 mendatang dan selanjutnya jabatan lowong Bupati selama kurang lebih 2 tahun 10 bulan akan di isi oleh Penjabat Bupati.

Terkait pasangan Cabub-Cawabub yang bisa bertarung nanti, Seba menjelaskan, adalah mereka telah diusung oleh Parpol yang memiliki jumlah perolehan kursi di DPRD dari hasil Pileg tahun 2024 mendatang.


“Jadi, kalau ada Parpol yang akan mengusung pasangan calon, syaratnya harus berpatokan dari prosentasi jumlah kursi di DPRD hasil Pileg 2024, bukan prosentasi kursi hasil Pileg 2019 yang ada saat ini,” pungkasnya. (onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − two =