Memprihatinkan, Gaji 26 Nakes Kontrak Sangihe Covid – 19 Tak Kunjung Terbayar

0
300
tenaga kesehatan di ruang isolasi covid 19
Gaji Tenaga Kesehatan yang bertugas menangani covid 19 di Sangihe, hingga kini belum terbayar. foto: merdeka.com


INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Nasib 26 Tenaga Kesehatan (Nakes) kontrak untuk percepatan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Sangihe, sungguh memprihatinkan. Betapa tidak, gaji para Nakes sejak Januari-April 2021 hingga saat ini tak kunjung dibayarkan.

Yang membuat para Nekes kecewa dan geram, ketika Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sangihe, Rivo Pudihang, menyampaikan secara lisan bahwa terhitung bulan Mei 2021 mereka sudah dirumahkan, tanpa ada pemberitahuan secara tertulis atau hitam diatas putih.

“Ini sungguh miris. Saat direkrut oleh pemerintah daerah melalui dinas kesehatan untuk menjadi Nakes dalam penanggulangan covid-19, kami diberi Surat Keputusan (SK), tapi saat kami akan dirumahkan, hanya mendapat pemberitahuan secara lisan. Pun saat hendak menanyakan hak (gaji) yang belum dibayar sejak Januari, kami dijadikan seperti bola pimpong. Tanya di BPBD disuruh ke Dinas Kesehatan selaku instansi teknis yang merekrut. Demikian halnya, saat kami bertanya di Dinas Kesehatan, kami justeru disuruh ke BPBD selaku pengelola anggaran Covid-19,” ujar sejumlah Nakes kepada Indonesiablitz.com, Senin (3/5).

Ironisnya, Kaban BPBD Sangihe, Rivo Pudihang saat dikonfirmasi via ponselnya, Senin (3/5), dengan enteng menyatakan bahwa, mereka (para Nakes) tidak paham soal mekanisme penganggarannya.

” Dorang belum faham mekanisme pencairan dana di Pemda kabupaten Kepulauan Sangihe, torang mo bayar dorang pe gaji tapi belum tertata di anggaran. Hari Rabu atau Kamis kami akan rapat dengan dorang,” kata Pudihang.

Menurut Rivo Pudihang pihaknya akan refocusing anggaran untuk percepatan penanganan Covid 19. Sehingga para nakes dimohon bersabar, untuk menunggu pencairan gaji atau honor.

Demikian halnya, Kepala Dinas Kesehatan Sangihe, Jopy Thungari saat dikonfirmasi via ponselnya, tak kunjung mengangkatnya, bahkan via WA, juga tak dibalasnya. (onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 1 =