Pemkab Sangihe Raih Predikat Opini WTP Berkualitas

0
203
jabes gaghana
Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana Menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Perwakilan BPK Sulawesi Utara

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, dibawa kepemimpinan Bupati Jabes Ezar Gaghana dan Wakil Bupati, Helmut Hontong, kembali meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, dalam hal pengelolaan keuangan daerah atas Laporan Hasil Pemeriksaan BPK Tahun Anggaran (TA) 2020.

Dengan demikian Predikat Opini WTP yang diraih Pemkab Sangihe menjadi 7 kali berturut-turut, dimana tiga kalinya diraih pada masa pemerintahan Makagansa-Gaghana, sedangkan empat kali Opini WTP ini diraih oleh pemerintahan Gaghana – Hontong.

Menariknya, predikat yang diraih Pemkab Sangihe kali ini adalah Opini WTP Berkualitas dan diserahkan langsung oleh DR Dori Santosa SE.ME, kepada Bupati Jabes Ezar Gaghana, di Auditorat Utama Keuangan Negara VI BPK-RI, Manado Sulut, Senin (3/5).

Bupati Jabes Gaghana yang turut didampingi Ketua DPRD Sangihe, Josephus Kakondo dan Inspektur Inspektorat, Nusrianto Pande, tampak terharu dan bangga, usai menerima maklumat dengan predikat Opini WTP Berkualitas itu.

“Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi pemerintah daerah bersama seluruh jajaran, karena predikat Opini WTP Berkualitas yang diberikan oleh BPK RI itu, merupakan buah dari kerja keras seluruh Aparatur Sipil Negara yang ada di lingkup Pemkab Sangihe. Saya berharap, hal yang baik ini akan spirit bagi para pimpinan OPD untuk lebih meningkatkan kualitas dalam mengelola keuangan dimasing-masing unit kerja yang dipimpinnya. Kiranya, prestasi yang telah diraih ini tidak hanya sekedar dipertahankan, tetapi untuklebih ditingkatkan sehingg penghargaan yang lebih baik akan kita peroleh pada tahun-tahun kemudian,” ujar Gaghana.

Bupati Jabes Gaghana juga menjelaskan, dari LHP-BPK RI pada pengelolaan keuangan daerah TA 2020, tidak ada temuan kerugian negara dalam bentuk koruptif. Artinya, tambah Gaghana, kualitas serta profesionalisme dalam pengelolaan keuangan negara di lingkup Pemkab Sangihe mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dia berharap, program pemerintah daerah dalam membangun Sangihe lebih maju untuk kesejahteraan masyarakat Tampungang Lawo.

“Jadi, prestasi yang telah kita raih dengan susah payah ini, bukan menjadi akhir dari sebuah kinerja baik, sebab untuk mempertahankannya bukanlah hal yang gampang. Olehnya, saya mengingatkan kepada seluruh jajaran unit kerja di lingkup Pemkab Sangihe, agar dalam pengelolaan keuangan di masing-masing unit kerja untuk dikelola dengan baik serta tidak disalah gunakan untuk kepentingan pribadi,” tadas Gaghana.

Apresiasi dan rasa bangga juga dikemukakan Ketua DPRD Sangihe, Josephus Kakondo. Dia mengatakan, predikat Opini WTP Berkualitas yang diberikan oleh BPK RI atas pengelolaan keuangan daerah Tahun Anggaran 2020, merupakan prestasi seluruh jajaran pemerintah daerah dalam mengelola uang negara.

Josephus Kakondo berharap, prestasi yang telah diraih itu jangan sampai membuat terlena, sebab untuk mempertahankannya tidak semudah meraihnya. Olehnya Kakondo, mengajak kepada seluruh Jajaran di lingkup Pemkab Sangihe untuk lebih meningkatkan kualitas kerja dalam pengelolaan keuangan daerah, tetap berjalan dengan baik.

“Predikat Opini WTP Berkualitas yang diterima Pemkab Sangihe, bukan berarti tidak ada temuan, tetapi dengan adanya rekomendasi BPK RI, artinya ada hal-hal yang harus diperbaiki untuk menghindari terjadinya kesalahan yang sama. Sebagai pimpinan lembaga Legislatif, kami tentunya akan terus mengawal dan mengawasi jalanya pemerintahan,” tutup Kakondo. (onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 − 2 =