Tepis Isu Lock Down, KUPP Kelas II Tahuna Beri Penjelasan

0
303
Kepala KUPP Kelas II Tahuna, Hoprit Balirangen

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Beredarnya isu di kalangan warga bahwa mulai tanggal 6 Mei 2021 tidak akan ada layanan pelayaran kapal penumpang dari Tahuna ke Manado dan sebaliknya, langsung disikapi pihak otoritas Pelabuhan Nusantara Tahuna.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna, Hoprit Balirangen dengar tegas menyatakan bahwa, terkait adanya larangan mudik Idulfitri dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN), tidak ada pemberlakuan lock down dalam aktifitas pelayaran dari pelabuhan Tahuna.

“Layanan Pelayaran kapal penumpang dari Pelabuhan Tahuna menuju Manado dan sebaliknya tetap ada dan tidak ada larangan apalagi lock down, seperti isu yang beredar dimasyarakat saat ini. Jadi sesuai keputusan pihak Dinas Perhubungan Provinsi Sulut, bahwa pelayaran antar pulau, antar kabupaten saat menjelang libur Idulfitri tetap berjalan sebagaimana biasanya. Namun ada aturan yang harus dipatuhi para penumpang yang akan berlayar, harus mengikuti Protokol Kesehatan, dimana para penumpang maupun kru seluruh kapal wajib menggunakan masker,” ujar Balirangen.

Dia menambahkan, petugas dari KUPP Kelas II Tahuna bersama Aparat Kepolisian dan TNI serta Dinas Perhubungan Sangihe akan melakukan pengawasan pada saat kapal penumpang yang akan berangkat dari pelabuhan Tahuna dan kapal penumpang yang tiba di Tahuna.
Dalam kesempatan itu, Balirangen menyampaikan himbauan bagi masyarakat yang akan berangkat ke Manado, wajib membeli tiket pada loket agen kapal resmi yang ada di areal Pelabuhan Nusantara Tahuna.

“Diwajibkan bagi warga yang akan berangkat dengan kapal penumpang harus memiliki tiket. Bagi penumpang yang akan berangkat namun tidak memiliki tiket akan diturunkan oleh petugas dari atas kapal,” tegas Balirangen, seraya menambahkan bahwa pihaknya juga akan melakukan tindakan tegas bagi pihak kapal penumpang yang menyangkut penumpang melebihi jumlahnya. (onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + one =