Gaghana Lapor ke Pemprov Sulut, Terkait Rencana Eksport ke Gensan Filipina

0
331
Sekprov Sulut Edwin Silangen, bersama Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana
Bupati Sangihe, Jabes Ezar Gaghana Bersama Sekprov Sulut, Edwin Silangen.

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana (JEG), didampingi Kepala Bapelitbang, Felixson Gaghaube, menemui Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut, Edwin Silangen, di ruang kerjanya, Kantor Gubernur Sulut, Selasa (18/5). Hal tersebut untuk melaporkan kesiapan Sangihe ekspor sejumlah komoditas ke Filipina.


Selain melakukan koordinasi terkait dana Pemulihan Ekonomi Nasional Provinsi Sulut dalam rangka penyelenggaraan pemulihan ekonomi di daerah, saat pandemi covid 19. Bupati JEG juga melaporkan sejumlah komoditi hasil bumi berupa, kopra, pala dan cengkih serta hasil laut, dari Sangihe siap dikirim ke General Santos (Gensan) Filipina melalui jalur laut.

Di hadapan Sekprov Sulut, Edwin Silangen, Jabes Gaghana menyampaikan bahwa niat Pemkab Sangihe yang akan melakukab eksport komoditi ke negara tetangga Filipina, telah mendapat dukungan dari Kementrian Luar Negeri melalui Konsulat Jenderal (Konjen) RI untuk Davao City Filipina, Dicky Febrian, yang pada tanggal 10 April 2021 lalu datang langsung dan berdialog dengan pemerintah daerah di Aula Papanuhung Tampungang Lawo Santiago.

Sarana transportasi laut yang akan digunakan untuk mengangkut kegiatan eksport-import komoditi ke Gensan, adalah KM Tampungang Lawo yang merupakan kapal milik Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Bahkan bersama Bupati Gaghana, Konjen Filipina, Manado, Dicky Febrian telah meninjau langsung kesiapan KM Tampungang Lawo, yang berada di Dermaga Perikanan Dagho.

Menyikapi hal tersebut, Sekprov Edwin Silangen yang nota bene kerabat dekat Jabes Gaghana, menyambut baik bahkan memberi dukungan atas upaya pemerintah daerah yang akan melakukan eksport komoditi ke Gensan Filipina.

” Ini bagian dari terobosan dan kontribusi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional, jadi Pemprov Sulut akan mendukung kegiatan tersebut,” kata Silangen.


Sementara hal utama yang dibahas dalam pertemuan tersebut, adalah menyangkut dana Penas untuk daerah, dimana Edwin Silangen yang juga merupakan Komisaris Utama Bank Sulut’Go itu, dipastikan akan memfasilitasi pengucuran dana Penas ke Sangihe, yang sebagiannya akan digunakan untuk kegiatan operasional KM Tampungang Lawo yang akan mengangkut semua Komoditas eksport ke Filipina.

Bupati JEG memastikan, jika kegiatan eksport komoditi Sangihe ke Gensan Filipina berjalan baik, maka perekonomian Sangihe akan menjadi baik pula.

“Jika kegiatan eksport komoditi ke Gensan Filipina berjalan baik, maka dipastikan perekonomian daerah akan meningkat, terlebih bagi para petani kelapa, pala dan cengkih serta masyarakat nelayan, akan menikmati hasilnya dengan harga jual yang jauh lebih tinggi,” ujar Gaghana. (onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 1 =