Abaikan Instruksi Bupati, 19 Pimpinan OPD Sangihe Terancam “Masuk Kotak”

0
777
Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Harry Wolf

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Sorotan masyarakat jika kinerja sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemkab Sangihe yang dinilai tidak kapabel, ternyata ada benarnya.


Buktinya, instruksi Bupati Jabes Ezar Gaghana yang berkali-kali meminta kepada para pimpinan OPD untuk segera menerapkan Program Pelatihan Kantor Sendiri (PKS), hanya 13 dari 32 OPD yang melaksanakan program yang bertujuan untuk menunjang penyelenggaraan pemerintahan dan penguatan sumber daya ASN itu, sedangkan 19 OPD hingga saat ini belum melaksanakannya.


Sekertaris Daerah (Sekda) Sangihe, Harry Wolf, kepada sejumlah awak media, Senin (7/6), mengungkapkan, dari 32 OPD di lingkup Pemkab Sangihe, baru 13 OPD yang melaksanakan program PKS, sedangkan 19 OPD lainya hingga saat ini belum menerapkannya.

Wolf sendiri mengaku heran, karena Bupati sudah berkali-kali meminta kepada para pimpinan OPD untuk segera melaksanakan program itu, namun faktanya justeru lebih dari separuh yang belum melakukannya.


“Mungkin mereka merasa mampu, sehingga tidak menerapkan program yang sudah semenjak tahun 2020 lalu diminta oleh pak Bupati. Padahal, dengan adanya revisi RPJMD, mereka (OPD) juga harus melakukan revisi terhadap Renstranya, dimana Renstra itu terkait dengan janji mereka yang ada dalam pakta integritas, serta perjanjian kerja yang harus ditepati dalam satu tahun,” ujar Wolf.


Ketika ditanya, apakah para pimpinan OPD yang tidak melaksanakan program PKS tersebut sebagai bentuk pengabaian terhadap perintah pimpinan?


“Yah, seperti itulah, mungkin mereka merasa mampu, sehingga tidak melaksanakannya,” tandasnya.


Lebih jauh Sekda menyatakan, penerapan program PKS di masing-masing OPD itu sangat penting bagi para ASN dalam peningkatan kapasitas serta sumber daya manusia. Artinya, tambah Wolf, agar kedepan, tidak ada lagi pimpinan OPD yang harus bertanya kepada stafnya karena ketidak tahuannya. (onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 4 =