Menunggak 5 Bulan, PDAM Tahuna Segel Air Kantor Disnaker

0
226
Petugas lapangan PDAM, menyegel meteran air di kantor Dinas Tenaga Kerja Sangihe

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Entah salah siapa hingga pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tahuna, mengambil tindakan tegas, menyegel meteran air milik kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sangihe pada Selasa lalu.
Penyebabnya ternyata, pihak Disnaker yang dikomandani Dockta Pangandaheng itu belum membayar rekening air semenjak Bulan Mei hingga September 2021, atau menunggak 5 bulan.

Direktur PDAM Tahuna, Novilius Tampi, saat ditemui Indonesia kita.com, Jumat (22/10), membenarkan soal penyegelan air di kantor Disnaker itu.

“Benar, meteran air milik kantor Disnaker telah disegel oleh petugas dari PDAM, karena sudah berkali-kali dilakukan penagihan oleh petugas lapangan, hanya mendapat jawaban nanti bale jo. Saya kemudian mengeluarkan surat tugas untuk melajykan penyegelan,” ujar Tampi, seraya menambahkan jika anak buanya sudah berkali-kali melakukan penagihan namun tidak mendapat respon.

Sementara itu Kadis Naker Sangihe , Dockta Pangandaheng yang hendak dikonfirmasi tidak berada di tempat. “Pak Kadis ada berangkat,” ujar sejumlah staf kepada media ini.

Sekertaris Disnaker, N Kalase sendiri, membenarkan jika di kantornya sudah tidak ada aliran air semenjak Selasa lalu, kerena telah disegel oleh pihak PDAM. Eks Camat Tamako itu menambahkan, jika sejumlah pegawai kesulitan untuk buang air besar dan kecil karena semua WC di kantor tidak ada air.

Beberapa staf juga mengungkapkan, jika jumlah tagihan air hanya sekitar 1,3 juta yang harus dibayar ke PDAM, namun entah kenapa sampai tidak bisa terbayar, padahal, kata mereka, anggarannya sudah tertata dalam APBD tahun 2021.

Hal yang memiriskan lainya, jika kehabisan pulsa listrik kantor, justru ditalangi oleh salah satu Kepala Bidang dengan uang pribadinya.

Hal yang paling disorot sejumlah staf Disnaker, ketika petugas PDAM melakukan penyegelan air, pimpinan mereka berada di kantor, namun tidak melakukan tindakan apa-apa, misalkan menghubungi Direktur PDAM, untuk meminta pertimbangan.

Hal itu juga diakui Direktur PDAM, jika dirinya tidak pernah dihubungi oleh pihak Disnaker apalagi kepala dinas. (onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × five =